Sabtu, 10 Mei 2014

Yuk Bikin Upside Down Look Buat Vixion..

Assalamu'alaikum brothers... Saya ingin coba me-review sedikit coretan ringan yang telah saya publikasan terlebih dahulu dalam blog pribadi saya di wordpress. Yaitu bagaimana cara membuat upside down sendiri menggunakan pipa paralon PVC. Sebenarnya sih bukan murni upside down, tapi upside down look semacam kondom pembungkus schock asli yang dimodifikasi sedemikian (menyerupai) upside down sungguhan.Untuk fungsi dan cara kerja jelas saja masih menggunakan fungsi dan sistem kerja shock bawaan. Kira2 penampakannya akan seperti ini :

Penampakan disamping merupakan hasil setengah jadi yang belum disempurnakan.

Banyak sekali kritik dan saran yang saya terima, baik secra langsung, melalui komen di kaskus, twitter dan juga melalui blog. Kebanyakan masalah estetika dan proporsi.

Sedikit banyak saya mulai mencoba untuk lebih menyempurnakan kembali bentuk dasar yang telah saya buat.Dari bentuk awal disamping pun telah saya lakukan uji kelayakan selama 1 minggu penggunaan.Alhasil memang banyak kekurangan sana-sini, pecah disana-sini, dan baret disana-sini.Maklumlah di mal awal saya hanya menggunakan 1 jenis pipa PVC ukuran 1 1/4 (kekurangan bahan), yang seharusnya menggunakan lebih dari 1 ukuran pipa PVC, karna dimensi shock atas dan bawah sangat berbeda. Okelah mulai pembuatan generasi ke-2 nya, mudah-mudahan lebih baik dari pendahulunya.

Untuk generasi ke-2 ini saya namakan project 2, dengan perubahan desain awal, perhitungan dimensi, estetika bentuk dan yang terpenting fungsional.Yuk mari disimak cara pembuatannya :

1. Siapkan pipa paralon ukuran 1 1/4 jangan terlalu gede, juga jangan terlalu kecil. Untuk ukuran paralon bisa disesuaikan menurut estekika bentuk yang diinginkan. Untuk vixion jelas akan sedikit berbeda dengan motor lain mengingat dimensi segitiga dan besar lingkar shock berbeda-beda.

2.Selain paralon sebagai bahan utama kalian harus juga menyiapkan penggaris, pensil (spidol),amplas, grinda/ kikir, cutter, lem paralon dan alat-alat penunjang lain yang dirasa diperlukan untuk mempermudah proses pembuatan.

3.Ukur panjang shock breaker anda mulai dari segitiga atas sampai batas atas segitiga bawah



Kalau tidak salah untuk vixion sendir memiliki panjang 20.5cm

4.Next..kalian langsung ukur panjang tadi kepipa paralon, bikin 2 buah untuk kanan dan kiri..
biar rapih gunakan potongan pipa paralon yang paling rata untuk membuat alur lingkaran..
5. potong bagian yang telah diukur tadi menggukan gergaji besi/paralon. jangan terburu-buru agar hasil menjadi rata dan bagus.
6. Belah bagian tengahnya jadi 2 bagian dari atas kebawah, ini diperlukan untuk proses pemasangan nanti
6.berikutnya kita buat sedikit coakan pada ujungnya dan sedikit pada bagian belakang, gunannya..? agar bisa nyemplak dengan sempurna di segitiga atas dan tdk terganggu baut penyangga behel spidometer dan head lamp..
Seperti ini kira-kira setelah dilakukan (uji coba) pemasangan.
Terlihat kan ada besi segitiga yang berfungsi untuk menahan behel head lamp dan speedo meter?
Kalau ini penampakan dari atas, dimensi saya rasa pas untuk ukuran segitiga vixion dan shock bagian atas.
masih langgar..?? yup kita lanjut ke next step..

7. agar pipa menyemplak dengan sempurna tanpa getaran maka pada pipa bagian dalam diberi semacam spons/karet untuk mengganjal pipa agar tdk goyang dan kokoh.
untuk yang satu ini saya menggunakan sendal bekas anak yg tdk terpakai
8.Sampai sini part 1 is done..!!
Segitu aja? jelas belum,  karna tutorial diatas hanya untuk cover shock bagian atasnya saja, next tutorial akan kita lanjut cara pembuatan sambungan shock bagian tengah dan bawah yang menggunakan paralon ukuran agak besar….ditunggu updatenya ya..

 Baca Juga :

 "Tutorial : Kondom Shock Upside Down Look(Part 1)"
"Tutorial : Kondom Shock Upside Down Look(Part 2)"
"Tutorial : Kondom Shock Upside Down Look(Final)"


























Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More